Akhir tahun 2008 ini waktunya setiap karyawan melakukan proses appraisal atau assessment dari performance yang pernah direncanakan di awal tahun. Ditempat saya bekerja, proses ini disebut sebagai Performance Management Development. 3 kata yang berurutan ini bukan tanpa makna dibuatnya, urutan kata ini mencerminkan sebuah proses yang seharusnya dilakukan oleh karyawan terkait dengan Performance, Management, dan Development.

Diawali dengan kata Performance, kata ini mencerminkan sebuah proses perencanaan terhadap kinerja yang akan dicapai pada tahun berjalan.
Proses ini tentunya dilakukan diawal tahun. Atasan dan bawahan duduk bersama merencanakan target-target yang akan dicapai yang mengacu pada target dari sub-organisasi atau organisasi yang menaunginya. Kesepakatan atas target yang direncanakan sangat penting bagi karyawan, atasan dan perusahaan.

Kata kedua adalah Management, kata ini mewakili sebuah proses pengelolaan dari rencana kinerja yang telah ditetapkan. Apakah kinerja yang ditetapkan diawal sudah realistis terhadap kondisi saat ini..? karena bisa saja rencana kinerja diawal yang sangat agresif dengan asumsi bahwa kondisi diluar diasumsikan bagus, perlu dilakukan penyesuaian agar rencana kinerja tidak berlebihan atau bahkan kurang menantang setelah melihat kondisi aktualnya. Maka peran atasan dalam melakukan monitoring terhadap rencana kinerja sangatlah penting.

Kata ketiga adalah Development, kata ini mewakili sebuah proses pengembangan bagi karyawan dalam mencapai rencana kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya. Development sangat beragam bentuknya, bisa dilakukan dengan coaching and counselling, bisa dilakukan dengan mendaftarkan pada sebuah in class training atau bahkan cukup dengan spesific assigment dan On The Job Training.

Ketiga kata diatas saling berkaitan satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan sehingga proses diatas harus juga berkesinambungan agar apa yang sebelumnya telah direncanakan bisa tercapai sesuai dengan harapan melalui Perfomance Management Development


3 comments

  1. Anonymous // 3:35 PM  

    Ass.Wr.Wb..

    Lagi mampir pak..,terimakasih udah mampir diblog saya yg sederhana:-).

    Memang benar pak,ketiga bagian itu tidak bisa dipisahkan karena saling berkaitan.Saya sendiri juga bekerja dibag. management log's.

    By the way.."Selamat Tahun Baru 2009"

  2. admin // 4:49 PM  

    @Gusti Dana
    Terimakasih atas kunjungannya dan Selamat Tahun Baru 2009 juga

  3. Anonymous // 8:14 PM  

    tulisan yang bagus ...

//infolink script//