Dalam peraturan pemerintah Kep.Men 102/MEN/VI/2004 mengenai peraturan lembur dirinci perhitungannya baik lembur untuk lembur hari kerja maupun lembur hari libur. Namun demikian banyak ternyata dari rekan-rekan karyawan yang belum mengetahui formula perhitungan lembur.

Dalam perhitungan lembur sebagaimana dituangkan dalam Kep.Men 102/MEN/VI/2004 Pasal 11 ada dua jenis perhitungan lembur, yaitu untuk perusahaan yang menerapkan jam kerja 5 hari kerja dalam seminggu dan yang 6 hari kerja dalam seminggu. Secara detail jelas sekali perbedaan perhitungannya dimana hitungan untuk perusahaan yang menerapkan hari kerja selama 5 hari kerja dalam seminggu jauh lebih kecil dibanding dengan formula perhitungan lembur untuk perusahaan yang menerapkan 6 hari kerja dalam seminggu.

Detail peraturan Kep.Men 102/MEN/VI/2004 mengenai Waktu Kerja Lembur dan Upah Kerja Lembur dapat didownload disini.

Untuk mempermudah dalam perhitungannya, saya menyiapkan formula perhitungan lembur (acuanya ke KepMen diatas ya...) dalam sebuah spreadsheet sekaligus memperbandingkan perhitungan upah lembur antara perhitungan lembur dengan 5 hari kerja dalam seminggu dengan perhitungan lembur dengan 6 hari kerja dalam seminggu. Silahkan download formula perhitungan lembur nya disini.

Untuk menghitungnya cukup memasukan data yang sesuai,seperti data upah pokok dan tunjangan tetap yang dihitung sebagai dasar perhitungan upah lembur. Disarankan untuk melakukam perbandingan dengan perhitungan manual terlebih dahulu untuk sekedar memvalidasi rumus yang ada. Selanjutnya jika formulasinya benar silahkan digunakan dan dianjurkan untuk disebarkan dengan memberikan link download dibawah ini :

www.ziddu.com/download/3054842/FormulaPerhitunganLembur_Shared.xls.html

File formula perhitungan lembur diatas dilock dengan password : "formulaot" (tanpa tanda petik).

UPDATE : Formula perhitungan lembur terbaru bisa di download melalui download page diatas




5 comments

  1. Faizal Rahman S.Ap // 5:16 PM  

    mas perhitungannya kayak gimana, koq di click selengkapnya ga muncul kelanjutannya

  2. Anonymous // 10:13 PM  

    Di bagian paling bawah ada link downoadnya mas..

  3. Anonymous // 8:22 PM  

    blognya berisi...
    tukeran link yuk ??

  4. Rings & Diamond // 12:15 AM  

    @zakian

    terimakasih untuk mampir di blog ini. Tukeran link..? Yuk.. :)

  5. Unknown // 10:27 AM  

    sangat berguna nih,,,,
    boleh tau rumusnya ga,, lagi belajar excel nih, makasih

//infolink script//